Segmentasi pasar adalah
kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda
yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Atau segmentasi pasar
bisa diartikan segmentasi pasar adalah proses pengidentifikasian dan
menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisia perbedaan antara
pembeli di pasar.
1. Dasar-dasar dalam penetapan Segmentasi Pasar Dalam
penetapan segmentasi pasar ada beberapa hal yang menjadi dasarnya yaitu: 1.
Dasar – dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen a. Variabel geografi,
diantaranya : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim. b.
Variabel demografi, diantaranya : umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan,
pendidikan, dll c. Variabel psikologis, diantaranya :kelas sosial, gaya hidup,
dan kepribadian. d. Variabel perilaku pembeli, diantaranya : manfaat yang
dicari, status pemakai, tingkat pemakaian, status kesetiaan dan sikap pada
produk.
2. Dasar – dasar segmentasi pada pasar industri a.
Tahap 1: menetapkan segmentasi makro, yaitu pasar pemakai akhir, lokasi
geografis, dan banyaknya langganan. b. Tahap 2: yaitu sikap terhadap penjual,
ciri – ciri kepribadian, kualitas produk, dan pelanggan. 2. Syarat segmentasi
Pasar Ada beberapa syarat segmentasi yang efektif yaitu : a. Dapat diukur
b.Dapat dicapai c. Cukup besar atau cukup menguntungkan d.Dapat dibedakan e.
Dapat dilaksanakan
3. Tingkat Segmentasi Pasar Karena pembelian
mempunyai kebutuhan dan keinginan yang unik. Setiap pembeli, berpotensi menjadi
pasar yang terpisah. Oleh karena itu segmentasi pasar dapat dibangun pada
beberapa tingkat yang berbeda. a. Pemasaran massal Pemasaran massal berfokus
pada produksi massal, distribusi massal, dan promosi massal untuk produk yang
sama dalam cara yang hampir sama keseluruh konsumen. b. Pemasaran segmen
Pemasarn segmen menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan
perilaku pembelian. c. Pemasaran ceruk Pemasaran ceruk (marketing niche)
berfokus pada sub group didalam segmen-segmen. Suatu ceruk adalah suatu group
yang didefiniskan dengan lebih sempit. d. Pemasaran mikro Praktek penyesuaian
produk dan program pemasaran agar cocok dengan citarasa individu atau lokasi
tertentu. Termasuk dalam pemasaran mikro adalah pemasaran lokal dan pemasaran
individu.
4. Manfaat Segmentasi Pasar Sedangakan manfaat dari
segmentasi pasar adalah: a. Penjual atau produsen berada dalam posisi yang
lebih baik untuk memilih kesempatan- kesempatan pemasaran. b. Penjual atau
produsen dapat menggunakan pengetahuannya terhadap respon pemasaran yang
berbeda-beda, sehingga dapat mengalokasikan anggarannya secara lebih tepat pada
berbagai segmen. c. Penjual atau produsen dapat mengatur produk lebih baik dan
daya tarik pemasarannya
Pengertian Demografi
Demografi adalah uraian tentang penduduk, terutama
tentang kelahiran, perkawinan, kematian dan migrasi. Demografi meliputi studi
ilmiah tentang jumlah, persebaran geografis, komposisi penduduk, serta
bagaimana faktor faktor ini berubah dari waktu kewaktu.
Demografi adalah studi ilmiah tentang penduduk,
terutama tentang jumlah, sturuktur dan perkembangannya. Penduduk adalah hasil
tingkat kelahiran, tingkat migrasi dan tingkatkematian. Demograsi lajim
digunakan untuk mnyebut studi tentang sipat terhadap komposisi dan pertumbuhan
penduduk.dan demograsi adalah suatu studi statistik dan matematis tentang
jumlah, komposisi san persebaran penduduk, serta perubahan faktor faktor ini
setelah melewati kurun waktu yang yang disebabkan oleh lima proses yaitu
fertilitas, moralitas, perkawinan, migrasi dan mobilitas sosial.
Ilmu yg mempelajari tentang besar, komposisi,
distribusi, dan perubahan penduduk.
[Donald J. Bogue, 1885]
Ilmu yg mempelajari jumlah, sebaran teritorial, dan
komposisi penduduk; serta perubahan penduduk karena fertilitas, mortalitas,
migrasi, dan mobilitas social.
[ Philip M. Hauser dan Duddley Duncan]
Demografi merupakan studi ilmiah tentang
kependudukan, utamanya yang berkaitan dengan jumlah/size penduduk, struktur
serta perkembangannya (Kamus United Nations Multilingual Demographic).
Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika
kependudukan, meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta
bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian,
migrasi, serta penuaan (Wikipedia: 2009).
Demografi adalah studi tentang interaksi tingkat
perkembangan dari 3 komponen (kelahiran, kematian dan migrasi) dan studi
tentang dampak dari perubahan komposisi dan perkembangan dari penduduk
(Hawthorn,1970).
Demografi adalah ilmu statistik dan matematika yang
mempelajari ukuran, komposisi dan persebaran penduduk serta perubahannya pada
suatu kurun waktu melalui proses fertilitas, mortalitas, perkawinan, migrasi
serta perubahan penduduk (Boque: 1969)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar