Definisi Pemasaran,
Manajemen Pemasaran – Pemasaran
merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha
mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba.
Pemasaran dikembangkan dari kata pasar yang berarti sarana atau tempat
berkumpulnya orang yang terlibat dalam pemasaran, dalam pengertian abstrak
pemasaran diartikan sebagai suatu kegiatan, proses atau system keseluruhan.
Berikut ini Perpustakaan Online Blogger Indonesia (duniabaca.com) berbagi
pengetahun tentang pengertian pemasaran dan pengertian menajemen pemasaran yang
dikemukakan oleh beberapa pendapat para ahli, dimana dari pendapat-pendapat
tersebut kita bisa menyimpulkan secara lebih spesifik mengenai definisi
pemasaran dan definisi manajemen pemasaran.
Pengertian/Definisi Pemasaran.
Menurut Kotler (2000 : 4) pemasaran adalah sebagai suatu
proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan usahakan melalui penciptaan, pertukaran yang dapat memenuhi
kebutuhan, keinginan dan permintaan seseorang atau kelompok
Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004 : 5) pemasaran adalah
kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui
proses pertukaran. Dan menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta (1998:179)
pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan
barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun
pembeli potensial.
Selain itu menurut Philip Kotler (2001), pemasaran adalah
kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia
melalui proses pertukaran.
Pengertian tersebut dapat memberikan gambaran bahwa
pemasaran merupakan proses pertemuan antara individu dan kelomok dimana
masing¬masing pihak ingin mendapatkan apa yang mcreka butuhkan atau iginkan
melalui proses menciptakan, menawarkan, dan pertukaran. Selain itu, pemasaran
sebagai suatu sistem dari kegiatan yang saling berhubungan satu dan yang lainnya,
yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan
mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli secara individual maupun
kelompok pembeli. Kegiatan tersebut beroperasi dalam suatu lingkungan yang
dibatasi sumber dari perusahaan, peraturan¬peraturan, maupun konsekuensi sosial
perusahaan.
Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya suatu perusahaan
melakukan pengkoordinasian agar tujuan dan sasaran yang diharapkan dalam bidang
pemasaran khususnya dan perusahaan umumnya dapat tercapai secara etektif dan
efisien. Pengkoordinasian yang dapat menciptakan sinergi dilakukan dengan
manajemen yang baik, yang dikenal dengan istilah manajemen pemasaran.
Pengertian/Definisi Manajemen Pemasaran.
Menurut Kotle dan Amstrong (2001:1) menyatakan Manajemen
Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program
yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang
menguntungkan dengan pembeli dengan sasaran demi mencapai tujuan organisasi. Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004) Manajemen Pemasaran
merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan
mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran
produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut,
rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan
konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi tujuan organisasi perusahaan jangka
panjang.
Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa manajemen
pemasaran suatu kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan
mengendalikan suatu kegiatan, yang terkait dengan perancangan dan peluncuran
produk, promosi serta pendistribusian produk, dan menetapkan harga dengan
tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai tujuan
organisasi perusahaan dalam jangka panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar