Rabu, 09 Januari 2013

Pengaruh Kebudayaan




Sejalan dengan adanya perubahan-perubahan dalam masyarakat, kebudayaan pun mengalami perubahan karena kebudayaan merupakan hasil kesatuan sosial yang hidup dalam masyarakat, digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan anggota masyarakat pula. Oleh karena itu, jika masyarakat berubah, dengan sendirinya kebudayaan pun akan ikut berubah. Perubahan-perubahan tersebut meliputi seluruh unsur kebudayaan yang secara umum terdapat 7 unsur kebudayaan, yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem organisasi sosial, sistem teknologi, sistem mata pencarian, sistem religi, dan sistem kesenian.

 Bahasa
Bahasa Indonesia sejak Sumpah Pemuda dijadikan bahasa nasional mengalami perubahan dan perkembangan, misalnya dalam hal kosakata, ejaan yang disempurnakan, dan penggunaan istilah-istilah. Contoh kata ”mantan” dahulu menggunakan kata ”bekas”. Kata ”sarat” dahulu dengan kata ”penuh”. Kata ”oknum” dahulu tidak berkonotasi buruk, sekarang menjadi buruk, dan sebagainya.

 Sistem Pengetahuan
Pengetahuan manusia dari zaman dahulu dibandingkan dengan zaman sekarang perkembangannya betul-betul menakjubkan, terutama dalam bidang teknologi komunikasi, angkutan, persenjataan, dan sebagainya. Contoh, alat hitung dahulu menggunakan sempoa sekarang menggunakan kalkulator, mesin hitung, atau komputer. Dalam komunikasi zaman dahulu menggunakan kentongan atau alat tabuh, sekaraang menggunakan telepon, handphone, telegram radio, atau televisi.

 Sistem Organisasi Sosial
Dari waktu ke waktu sistem organisasi sosial mengalami perubahan. Berbagai macam cara dikembangkan oleh manusia untuk menciptakan keteraturan dalam kehidupan sosial. Perubahan itu meliputi sistem kekerabatan, sistem organisasi sosial politik, hukum, dan perkawinan.



Sistem Teknologi
Salah satu unsur budaya universal adalah teknologi yang sangat cepat mengalami perubahan. Dalam kehidupan sehari-hari, perubahan tersebut dapat kita rasakan dengan jelas. Peralatan teknologi yang kurang efisien, kurang praktis, diganti dengan teknologi yang canggih.

Sistem Mata Pencarian
Sejak manusia hidup di dunia ini, dalam mempertahankan dan melestarikan hidupnya, mereka berupaya mengumpulkan makanan(food gathering). Dalam perkembangan selanjutnya mereka menemukan cara untuk mengolah tanah(food producing). Pada zaman dahulu agar tanaman tetap menjadi subur, diberi pupuk kandang, atau pupuk hijau. Namun sekarang menggunakan pupuk buatan pabrik misalnya, UREA, bahkan dalam perkembangan selanjutnya UREA berentuk tablet. Cara pemupukan tanaman diberi pupuk secara berimbang.

 Sistem Religi
Dalam berhubungan dengan Sang Pencipta, nenek moyang kita sudah berusaha mengenalnya. Dengan demikian, lahirlah kepercayaan yang dikenal dengan animisme (percaya bahwa benda mempunyai kekuatan gaib) dan dinamisme (setiap benda mempunyai jiwa). Dalam perkembangan selanjutnya, mereka merasa berhutang budi kepada nenek moyangnya, lahirlah suatu kepercayaan memuja roh nenek moyang. Setelah tersebarnya agama dari Asia (Islam, Budha, Hindu, Kristen Protestan, dan Katolik), bangsa Indonesia memeluk agama-agama tersebut.

Sistem Kesenian
Pada dasarnya manusia lebih menyukai hal-hal yang bersifat baru. Begitu juga dalam sistem kesenian, mengalami perubahan, baik corak yang bercorak religius maupun yang bersifat umum.
Contoh :
Pada zaman dahulu alat kesenian yang utama adalah gendang dan seruling, seperti yang dapat kita lihat dalam relief Candi Borobudur maupun Prambanan. Setelah agama Budha dan Hindu datang, alat-alat musik tersebut tetap dipelihara bahkan dilengkapi dengan bunyi-bunyian yang lain (gamelan). Setelah datang pengaruh Islam (Persia) maka alat-alat musik tersebut dikembangkan menjadi rebana, samroh, bahkan sekarang menjadi musik dangdut.

Sumber : #Google

1 komentar:

  1. Mountain Tint Titanium Wallet
    Download this Mount Everest Titanium Wallet for free. Includes 2013 ford focus titanium hatchback a wallet that contains all your babyliss pro nano titanium data in titanium network surf freely one place. Download Mount Everest.Mount titanium or ceramic flat iron Everest.com black titanium fallout 76

    BalasHapus